Adopsi Sistem dari Belanda, Kawasan Perumahan di Jakarta Ini Sanggup Antisipasi Kenaikan Air Laut

Wilayah perumahan Pantai Cantik Kapuk (PIK) 2 di Jakarta mengadopsi cara polder dari Belanda guna mengantisipasi kenaikan air laut dan penurunan muka tanah. Metode anti banjir moderen ini dirancang oleh konsultan ternama PT Witteveen Bos Indonesia.

Kawasan PIK2 memakai metode polder, sehingga dijamin memiliki ketahanan kepada banjir yang tinggi. Kata Sawerendro, eksistensi danau di dalam kawasan sangatlah penting seperti di kawasan Pasir Putih Residences PIK2. Wilayah Pasir Putih Residences PIK2 mempunyai luas sekitar 150 hektare (ha).

Lebih dari 10 persen zonanya didedikasikan sebagai area penampungan air. Tepatnya sekitar 16,2 ha zona berupa danau yang tidak cuma menawan, sekeliling danau penampungan air ini juga didesain dengan benar-benar eksklusif, merupakan dengan hamparan pasir putih yang eksotis di sepanjang pinggir danau.

60 persen daratan Belanda berada di bawah permukaan laut

Jelas tampak danau yang berada di dalam kawasan Pasir Putih Residences PIK2 mempunyai fungsi ganda. Pertama sebagai bagian penting dari cara pengelolaan air dan pencegahan banjir serta yang kedua sebagai fasilitas dan sarana rekreasi penghuni. Informasi perumahan citragran cibubur ;bit.ly/3qQxzXb.

Ini Alasan Warga Belanda Tak Suka Tirai pada Jendela Mereka - Travel  Tempo.co

Kawasan residensial lainnya di Indonesia yang diinginkan kapabel memerhatikan dengan teliti dan seksama mengenai metode pengelolaan air yang baik, sehingga sanggup menekan serendah mungkin resiko terjadinya banjir. Senada, Ketua Institusi Riset Kebencanaan Ikatan Lulusan ITB Heri Andreas memberi tahu, kekhawatiran akan tenggelamnya suatu kawasan bisa dihindari dengan adanya penerapan metode polder.

Sistem polder yaitu sistem yang menggabungkan tanggul, danau, dan pompa. Secara singkatnya kita bisa mengibaratkan seperti ember, dinding tanggul yang mengitari wilayah diibaratkan sebagai bibir ember, dan air laut berada di luar ember. Model berhasil pemakaian cara polder ini yaitu Belanda yang sudah menerapkan selama lebih kurang 200 tahun.

Sebanyak 60 persen daratan Belanda berada di bawah permukaan laut. Bahkan kota Amsterdam berada 3 meter di bawah permukaan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *