Banjir Jakarta Dini Tahun Tekan Harga Properti?

PROPERTI – Banjir besar yang menyerang Jakarta pada dini 2020 bukan perihal baru. Dalam sejarah DKI Jakarta, paling tidak telah terdapat 5 kali banjir besar dalam jangka waktu 2 dekade terakhir, ialah pada 2002, 2007, 2013, 2017 serta yang terkini, pas pada hari awal 2020.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, melaporkan kalau properti ialah salah zona yang terserang akibat banjir di Jakarta. Akibat terbanyak dirasakan segmen residensial ataupun perumahan tapak sehingga terjalin penyesuaian harga akibat pergantian supply serta demand terhadap perumahan yang hadapi banjir.

Bersumber pada pengalaman sepanjang ini, banjir besar umumnya terjalin pada kuartal awal, bulan Januari sampai bulan Maret. Bagi informasi Rumah.com Property Index penyusutan harga perumahan di kawasan yang terserang banjir tidak ekstrem serta cuma bertabiat sedangkan. Jelas Ike dalam penjelasan tertulis, Senin (20/1/2020).

Harga Properti Tidak Mengalami Penurunan Secara Drastis

Bila menyamakan informasi harga rumah dari Rumah.com Property Index terhadap daerah yang terserang banjir dari tahun 2015 sampai 2018, menampilkan kalau tidak terjalin penyusutan harga secara ekstrem, di sebagian daerah malah terjalin peningkatan harga properti. Bagi Ike, informasi Rumah.com Property Index menampilkan kalau harga properti di sesuatu kawasan tidak hendak hadapi penyusutan secara ekstrem malah malah hadapi peningkatan harga properti di sebagian daerah.

Semacam di 2016, Jakarta Selatan serta Jakarta Timur hadapi peningkatan harga properti tiap-tiap sebesar 3 persen serta 2 persen. Sebaliknya di 2018, kedua daerah tersebut pula hadapi peningkatan tiap-tiap sebesar 2 persen buat Jakarta Selatan serta 1 persen buat Jakarta Timur.

Relatif stabilnya harga properti paska terbentuknya banjir sebab meski daerah yang terserang banjir tersebar. Tetapi akibatnya di tiap-tiap wilayah tidak meluas. Sehingga tidak sangat pengaruhi pasar properti semacam informasi yang ditunjukkan dari Rumah.com Property Index.

Promo Menarik

Ike meningkatkan harga hunian di daerah terdampak banjir memanglah cenderung normal serta kecil kecenderungannya biayanya hendak turun. Buat rumah-rumah berskala besar yang terserang banjir, bisa jadi hendak terdapat promo menarik yang umumnya diberikan oleh owner rumah ataupun agen properti yang ditunjuk.

“Tetapi buat rumah kecil biayanya hendak cenderung stagnan, sebab harga rumahnya telah murah, jadi tidak bisa jadi diberi diskon ataupun semacamnya jadi biayanya cuma hendak jalur di tempat saja,” kata Ike.

Peningkatan ataupun penyusutan harga properti paska banjir pula tergantung pada jenis serta kawasan perumahan itu sendiri. Salah satu kawasan yang senantiasa bersinar walaupun juga langganan banjir merupakan kawasan Kelapa Gading. Kawasan ini jadi fakta kalau terus menjadi besar air menggenang, terus menjadi besar pula harga tanahnya.

Kawasan Kelapa Gading serta sekitarnya dapat senantiasa bersinar walaupun sering dirundung banjir sebab kawasan ini ialah kota dalam kota. Bermacam sarana penunjang penunggu perumahan di kawasan ini telah lengkap ada. Mulai dari sarana pembelajaran, berolahraga, sosial, hiburan, hobi, bisnis, sampai sarana yang lain. Tidak hanya itu, kawasan ini juga terbilang strategis dengan aksesibilitas mencukupi serta bisa diakses lewat tol dalam kota.

Wajib Jeli

Oleh sebab banjir umumnya terjalin di perumahan-perumahan tertentu. Hingga pembeli rumah wajib teliti dengan mencermati sebagian karakteristik serta gejala kawasan rawan banjir. Semacam misalnya dekat sempadan sungai ataupun sisa rawa ataupun sawah.

“Kunci utama buat mengenali perumahan yang hendak dibeli sempat ataupun rawan banjir merupakan dengan melaksanakan studi. Oleh sebab itu, saat sebelum membeli rumah berarti buat membenarkan apakah perumahan sempat dilanda banjir. Tanyakan perihal ini kepada Rukun Orang sebelah/Rukun Masyarakat setempat. Jika butuh, tanya sebagian orang sebelah dekat buat mengonfirmasi kebenarannya,” jelas Ike.

Wajib diakui, hunian yang leluasa banjir dikala ini jadi opsi yang banyak dicari oleh para pembeli properti. Paling utama untuk first time buyer. Dengan memilah hunian serta kawasan yang leluasa banjir hendak mempermudah para penghuninya dari rasa kekuatiran serta waswas kala masa hujan tiba penjelasan Ike.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *